Saturday, 20 February 2016

analisa perusahaan




DISTRIBUTOR  UNILEVER
PT. GRIYA SATRIA JAYA PURWOREJO




                              1. ANALISA INTERNAL & EKSTERNAL PERUSAHAAN

·         INTERNAL PERUSAHAAN
A.KEKUATAN (Strengths)
Ø  Mendistribusikan produk dari unilever disemua wilayah distributor baik di kota, pasar modern, pasar tradisional, didesa-desa, sampai didaerah pegunungan seperti kaligesing dan Bruno
Ø  Memiliki SDM (salesman) yang sudah berpengalaman di bidang distribusi
Ø  Mendistribusikan produk dengan harga pokok yang menguntungkan untuk outlet
Ø  Mempunyai banyak program dari produk seperti potongan diskon dan promosi barang


B. KELEMAHAN (Weaknesses)
Ø  Rendahnya respon pada produk tertentu
Ø  Pengelolaaan bad stok yang kurang maksimal
Ø  Growth omzet diwilayah yang kurang stabil





 ·         EKSTERNAL PERUSAHAAN
A.KESEMPATAN (Opportuniti)
Ø  Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat terhadap jenis produk consumer goods
Ø  Tinggi dan stabilnya kesetiaan masyarakat terhadap produk di brand unilever
Ø  Luas wilayah untuk distribusi produk yang cukup luas
Ø  Banyaknya pemain pasar untuk dijual kembali


B. ANCAMAN (Threats)
Ø  Kenaikan harga yang sering terjadi dari Unilever
Ø  Melemahnya daya beli masyarakat di produk tertentu
Ø  Kadang terjadi produk tiruan / palsu yang harganya jauh lebih rendah
Ø  Produk pesaing yang harganya lebih rendah



1.                                                  2 VISI , MISI, dan TUJUAN Perusahaan

·         VISI
Ø  Menjadi pilihan pertama bagi konsumen, pedagang dan komunitas
Ø  Memaksimalkan distribusi didaerah-daerah

·         MISI
Ø  Menjadi yang pertama dan terbaik dikelasnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen
Ø  Menjadi rekan utama bagi pedagang, outlet, dan konsumen
Ø  Mengefektifkan kegiatan yang tak bernilai dari proses distribusi





·         TUJUAN
Ø  Mendistribusikan produk Unilever dari wilayah kota, pasar, pedesaan, sampai pegunungan
Ø  Memenuhi kebutuhan konsumen
Ø  Menjadikan produk Unilever yang terbaik dikelasnya


                                       3 IMPLEMENTASI STRATEGI

Program dari distributor Unilever yaitu ada 2, yang pertama target dari Unilever dan target dari distributor tersebut.
Untuk program dari Unilever digunakan untuk mendapatkan jasper
(jasa perantara), untuk bisa memenuhi target mendapat jasper harus memenuhi syarat yaitu
§  Target omzet
§  Target ECO (Effective Coverage)
§  Target LPPC (Line per productive call)
§  Target BP (Bill of produktif call)
§  Target FCS (field capability score)

Untuk syarat dari distributor yaitu
§  Target omzet 120% dari RPP tahun sebelumnya
§  Target ECO (Effective Coverage)
§  Target LPPC (Line per productive call)
§  Target BP (Bill of produktif call)
§  Target FCS (field capability score)

Program tersebut dilakukan per quartal yaitu satu tahun empat kali program dan dilakukan terus menerus,





Untuk prosedur dari proses distribusi yaitu :
1.      Order ke outlet
2.      Proses pengiriman orderan ke operator
3.      Pencetakan orderan
4.      Loading barang di gudang
5.      Pengiriman ke outlet
6.      Pembayaran ke distributor pusat





4    EVALUASI / PENGENDALIAN

Evaluasi yang dilakukan didistributor ini berlangsung selama per quartal yaitu  
3 bulan sekali, bisa dilihat dari pencapaian score salesman dalam memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.
Dalam prosesnya dilakukan pemantauan score oleh SSD selama 1 minggu sekali untuk memastikan pencapaian dari salesman, dan salesman wajib melakukan pengisian score dilaporan dinding setiap harinya











sekian semoga bermanfaat,, 






No comments:

Post a Comment